img

Bank Lampung berkomitmen dalam menjaga kepercayaan, keamanan dan kenyamanan seluruh pengguna jasanya. Dalam rangka mendukung hal tersebut, Bank  berupaya mencegah agar para pengguna jasa & produk Bank Lampung terhindar dari segala bentuk tindak Fraud/kecurangan.

Berikut ini disampaikan tips-tips keamanan dalam melakukan aktivitas transaksi yang menggunakan produk dan jasa Bank Lampung.

TIPS DALAM AKTIVITAS TRANSAKSI TUNAI


1.   Bawalah buku tabungan/bilyet cek/bilyet giro setiap anda akan melakukan transaksi Tunai pada counter Bank.

2.   Pastikan saldo akhir dan mutasi rekening pada buku tabungan/rekening giro anda setelah bertransaksi, sebelum meninggalkan counter Bank.

3.  Cetaklah buku tabungan secara berkala, cermati dan tanyakan pada petugas Bank,bila terdapat transaksi yangmemerlukan penjelasan ataupun meragukan.

4.   Periksalah validasi yang tercetak, stempel Bank, paraf Teller Bank pada slip copy transaksi, setelah anda selesai bertransaksi.

5.   Jangan meninggalkan dan atau menitipkan buku tabungan/bilyet deposito/buku cek/bilyet giro/slip transaksi bertandatangan kepada siapapun termasuk petugas Bank.

6.   Jangan pernah meninggalkan form penarikan bertandatangan yang batal digunakan.

7.  Pastikan anda memberikan kuasa kepada orang yang benar-benar anda kenal baik untuk berhubungan dengan Bank, saat anda melakukan transaksi dengan kuasa.

8.   Pastikan jumlah uang yang anda terima, sebelum meninggalkan counter Bank.

 

TIPS DALAM AKTIVITAS TRANSAKSI DENGAN ATM


1.   Pilih lokasi Mesin ATM yang aman (dekat Pos Pengamanan/lokasi yang ramai).

2.   Jangan melayani siapapun yang menawarkan dan ataupun meminta bantuan (transfer dll) di ruang ATM.

3.  Saat anda akan bertransaksi di ATM, teliti terlebih dahulu tempat memasukkan kartu/card reader dan ataupun penutup tombol keypad, jika terdapat benda yang mencurigakan/tidak wajar bagi anda, seperti benda-benda asing atau kabel yang tidak wajar, batalkan transaksi dan segera lapor ke bank;

4.   Waspadai orang tak dikenal yang tiba-tiba menawarkan bantuan pada saat transaksi di ATM.

5.   Jangan meminjamkan kartu ATM dan jagalah kerahasiaan PIN ATM anda kepada orang lain. (termasuk kepada petugas Bank)

6.   Gantilah PIN ATM secara berkala dengan kombinasi angka yang unik

-     Jangan gunakan PIN yang mudah diterka oleh pihak lain, seperti tanggal lahir, nomor telephone, nomor kendaraan atau data pribadi lain yang mudah diketahui pihak lain.

-       Jangan gunakan nomor PIN yang berurut seperi 123456 atau yang berupa pengulangan 1 (satu) angka seperti 222222.

7.   Hafalkan PIN ATM anda dan hindari mencatat nomor PIN dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet.

8.   Pastikan PIN ATM tidak terbaca oleh pihak lain, sewaktu anda bertransaksi di mesin ATM.

9.   Pastikan kartu, uang dan bukti transaksi sudah ada ditangan anda kembali.

10. Segera blokir kartu dengan menghubungi Call Center Bank Lampung, bila menemukan kejanggalan transaksi. Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas Bank Lampung melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk nomor PIN. Karena petugas  Bank Lampung tidak akan pernah meminta atau menanyakan nomor PIN Anda.


TIPS DALAM AKTIVITAS TRANSAKSI DENGAN MOBILE BANKING


1.   Pastikan Anda mengunduh aplikasi Bank Lampung Mobileyang dikembangkan oleh PT. Bank Lampung, melalui BlackBerry App World / Google Play Store / iPhone App Store (disesuaikan dengan jenis smartphone Anda), dengan tampilan aplikasi berikut ini :

2.   Untuk transaksi menggunakan aplikasi Bank Lampung Mobile:

a.   Jagalah kerahasiaan informasi user IDPassword dan Mobile PIN Anda.

   Gantilah secara berkala dengan kombinasi angka yang unik dan jangan pernah memberikannya kepada pihak manapun termasuk kepada petugas Bank.

b.   Pastikan bahwa Anda telah melakukan log out setelah selesai menggunakan Bank Lampung Mobile.

3.  Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas Bank Lampung melalui telepon, email, SMS atau media lain yang menanyakan data pribadi, termasuk User IDPassword dan Mobile PIN.

     Petugas Bank Lampung tidak akan pernah meminta atau menanyakan hal tersebut.

 

PENTING :


Pahami dan pelajari terlebih dahulu setiap layanan perbankan yang anda gunakan untuk menghindari penipuan ataupun kesalahan dalam bertransaksi,  Selalu waspada dan berhati-hati saat bertransaksi perbankan.



DEFINISI WHISTLEBLOWING

Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh Bank Lampung bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Bank Lampung.

KERAHASIAAN

Anda tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena PT. Bank Lampung akan MERAHASIAKAN IDENTITAS DIRI ANDA sebagai whistleblower. PT. Bank Lampung sangat menghargai informasi yang Anda laporkan. Fokus kami kepada materi informasi yang Anda Laporkan.

BERITA TERBARU