1. Q : Apa yang dimaksud dengan Whistleblowing System/Sistem Pelaporan Pelanggaran ?
     
A : Whistleblowing System / Sistem Pelaporan Pelanggaran adalah Sistem atau media yang dapat dipergunakan untuk menyampaikan Laporan atau Pengaduan atas adanya kejadian atau situasi yang terindikasi pelanggaran, yang terjadi dilingkungan PT. Bank Lampung, baik yang dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal.
     
2. Q : Mengapa saya harus melaporkan pelanggaran ?
     
A : Untuk membantu mempertahankan dan meningkatkan reputasi Bank Lampung menjadi tempat yang aman, adil, dan jujur untuk bekerja.
     
3. Q : Media apa saja yang disediakan dalam rangka penyampaian Laporan Pelanggaran yang dimaksud ?
     
A :

Ada 4 (empat) media pelaporan yang dapat dipilih dalam rangka penyampaian Laporan dimaksud, yaitu :


  • Dengan klik langsung melalui menu "PELAPORAN" yang disediakan dalam website www.banklampung.co.id atau dengan langsung melalui website www.wbs.banklampung.co.id;
  • Melalui media email/tertulis, dengan form pelaporan yang dapat diunduh/download terlebih dahulu melalui menu yang tersedia dalam website www.wbs.banklampung.co.id dan dikirimkan melalui whistleblower@banklampung.co.id; atau
  • Dengan mengirimkan surat ke alamat : 

Direktur Utama PT. Bank Lampung
Cq.WBS officer - UKK Anti Fraud
Jl. Wolter Monginsidi No.182
Teluk Betung, Bandar Lampung


  • WBS Hotline dengan nomor 0811 - 791-8282
     
4. Q : Siapa sajakah yang dapat menyampaikan laporan/pengaduan melalui media Whistleblowing System ini ?
     
A : Pihak Internal maupun Eksternal yang memiliki kepentingan dengan pihak Bank.
     
5. Q : Dapatkah saya memilih untuk tidak memberitahukan identitas diri Saya?
     
A : Semua terserah pada pilihan Pelapor, Pelapor dapat memilih untuk mengungkapkan identitasnya atau tidak. Namun Pelaporan tanpa identitas Pelapor memiliki konsekuensi dan kemungkinan tidak dapat ditindaklanjuti terutama berkenaan dengan potensi tidak dapat dilengkapinya informasi dalam rangka proses penanganan laporan oleh Bank.
     
6. Q : Apa yang perlu saya beritahukan kepada PT. Bank Lampung ?
     
A : Jika Saudara melaporkan suatu pelanggaran, maka Saudara sebaiknya memberikan informasi selengkap mungkin sebagaimana yang diminta dalam formulir Laporan Pelanggaran, yang disediakan dan dapat diunduh dalam website ini.
     
7. Q : Bagaimana jika saya mencurigai sesuatu pelanggaran tapi saya tidak yakin?
     
A : Pelapor cukup melaporkan apa yang diketahui terkait Pelanggaran, dan terkait bukti dan keterangan lain secara detail tentang kejadian pelanggaran akan dapat digali seiring dengan proses klarifikasi dan verifikasi yang akan dilakukan oleh Bank.
     
8. Q : Berapa lama respon atas laporan yang disampaikan diberikan kepada pelapor?
     
A : Respon awal akan diterima otomatis jika Saudara melaporkan melalui online. Jika pelaporan melalui email respon awal diterima maksimal 3 hari kerja. Untuk laporan melalui surat respon awal dapat dilakukan Saudara sendiri melalui telepon atau email ke alamat yang telah kami sediakan. Respon selanjutnya dapat saudara lakukan setiap saat melalui website.
     
9. Q : Setelah saya membuat laporan, apakah saya akan dilindungi?
     
A : Tentu saja, Bank memiliki kebijakan untuk memberikan perlindungan dan menjamin kerahasiaan laporan maupun identitas setiap pihak Pelapor.
     
10. Q : Apakah saya dapat memonitor laporan tersebut ?
     
A : Saudara dapat melihat perkembangan status laporan melalui website dengan LOGIN menggunakan User ID mengklik "STATUS LAPORAN"
     
11. Q : Saya sudah mengirimkan laporan pelanggaran namun di kemudian hari saya ingin merubah/menambahkan data terkait laporann yang saya lakukan, apa yang harus saya lakukan? Apakah harus membuat pengaduan baru?
     
A :

Data yang sudah dilaporkan sebelumnya tidak dapat dilakukan perubahan namun Saudara dapat menambahkan data lain terkait laporan pelanggaran dengan mengunggah data dalam bentuk seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya pada saat mengecek status laporan melalui website WBS Bank Lampung atau melalui email whistleblower@banklampung.co.id atau melalui surat ke :

PT. Bank Lampung

Cq.WBS officer - UKK Anti Fraud

Jl. Wolter Monginsidi No.182

Teluk Betung, Bandar Lampung

     

DEFINISI WHISTLEBLOWING

Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh Bank Lampung bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Bank Lampung.

KERAHASIAAN

Anda tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena PT. Bank Lampung akan MERAHASIAKAN IDENTITAS DIRI ANDA sebagai whistleblower. PT. Bank Lampung sangat menghargai informasi yang Anda laporkan. Fokus kami kepada materi informasi yang Anda Laporkan.

BERITA TERBARU